Tips Menggoreng Ikan di Wajan Agar Tidak Lengket

Tips Menggoreng Ikan di Wajan Agar Tidak Lengket

Sebel ya rasanya saat ketika menggoreng ikan di wajan ternyata lengket sehingga menyebabkan bentuk ikan menjadi rusak karena sulit untuk dibalik. Pertanyaannya kenapa kok bisa lengket? Beradasarkan pengalaman pribadi sih salah satu penyebabnya adalah karena minyak yang digunakan kurang panas, dan masih mengandung air.

Terlepas dari itu semua, ada tips dari salah seorang teman mengenai cara menggoreng ikan di wajan agar tidak lengket. Tipsnya mudah, yaitu gunakanlah wajan yang memang khusus untuk menggoreng, bukan wajan yang multi penggunaan seperti untuk menumis, merebus dan menggoreng dengan wajan yang sama. Alasannya kenapa? Karena bila wajan bekas masakan tumis atau yang lainnya akan rentan membuat gorengan ikan menjadi lengket.

Bila tidak punya wajan  yang lain bagaimana? Bagaimana lagi, tetap gunakan wajan yang ada, dan untuk menghindari lengket cuci besih, keringkan dan pastikan minyak panas sebelum menggoreng ikan. Satu lagi, olesi sedikit garam ke wajan sebelum dituangi minyak goreng agar ikan tidak lengket, terimakasih selamat mencoba dan sampai jumpa.

Tips Menetralisir Bauk Tak Sedap Dalam Kulkas (Dengan Kentang)

Tips Menetralisir Bauk Tak Sedap Dalam Kulkas (Dengan Kentang)

Kulkas kadang mengeluarkan bauk yang tidak sedap entah karena jarang dibersihkan atau karena kita menyimpan sayuran busuk di dalamnya. Apapun penyebab bauk pada kulkas yang jelas hal ini akan mengganggu aktivitas kita di dapur. Pertanyaan sekarang adalah bagaimana tips mengatasi bauk dalam kulkas agar hilang atau netral? 

Tipsnya sangat mudah kok, kebetulan saya hanya punya satu tips yang insya Allah ampuh untuk mengatasi bauk tak sedap dalam kulkas. Tipsnya adalah dengan membelah kentang dan letakkan di rak kulkas, potongan kentang ini bisa menghilangkan bau tak sedap dalam kulkas. Owh iya Anda bisa meletakkan kentang dalam kulkas dengan memberikan alas atau diletakkan dalam wadah agar rak kulkas tidak kotor. Semoga tips ini bermanfaat ya, selamat mencoba. 

Tips Menyimpan Sayuran Dalam Kulkas Agar Awet (Tidak Mudah Busuk)


Sayur biasanya disimpan tidak akan awet terlalu lama kecuali Anda menyimpannya di dalam kulkas. Namun tahukah Anda bahwa sayur yang disimpan dalam kulkas jika tidak tau caranya justru dapat cepat rusak. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah "Gimana caranya agar sayur lebih tahan lama dalam kulkas?" Jawabannya di bawah ini : 

Tips yang akan saya bagikan pada artikel ini cukup simpel dan ga pake ribet kayak tips-tips lainnya, pertama jangan bungkus sayuran dengan plastik kresek atau sejenisnya, lalu pake apa mas? gunakanlah karton, koran atau sejenisnya untuk membungkus sayuran, alasan menggunakan koran atau karton adalah karena bungkus ini dapat mencegah pengendapan air yang menjadi penyebab sayur cepat busuk dan menjaga sirkulasi udara tetap stabil. Jadi mulai sekarang bungkus sayur dalam kulkas pakai kertas aja ya (koran, karton dan kawan-kawan :-)

Rerep Memasak Ikan Kembung Goreng Mantap Yang Simpel

Memasak ikan memang tidak boleh sembarangan, terutama ikan laut seperti ikan kembung yang biasanya kita jumpai dipasar. Resep yang tepat akan menjadikan ikan kembum memiliki rasa yang nikmat dan matap. Namun apa bila proses memasaknya salah bisa jadi daging ikan akan rusak dan rasanya akan tidak enak, serta parahnya lagi bisa menimbulkan gatal pada lidah. 

Rerep Memasak Ikan Kembung Goreng Mantap

Kebetulan kali ini admin memasak ikan kembung bersama keluarga, dan ingin share resepnya untuk sahabat semua yang membaca blog mantapresep.blogspot.com, yuk langsung pada pokok pembahasan: 

Resep Cara Memasak Ikan Kembung Goreng Mantap
Hal yang harus sahabat persiapkan adalah alat dan bahan yang cukup lengkap, pada resep kali ini alat dan bahan cukup simpel dan mudah kita jumpai hampir di semua dapur rumah tangga. Berikut ini listnya :

Setelah semua alat dan bahan diatas sudah dipersiapkan maka hal yang perlu kita lakukan adalah memasaknya. Berikut ini ulasannya untuk sahabat mantapresep: 

Cara Memasak Ikan Kembung Goreng
  1. Membersihkan ikan dari kotoran didalamnya, bisa juga insangnya dibuang karena tidak enak dimakan, dan saya biaranya membuangnya juga. Jangan lupa di iris bagian tengah ikan seperti pada video agar bumbu nanti dapat meresap.
  2. Cuci bersih ikan yang sudah dibuang kotorannya dan telah diiris bagian kulitnya kemudian masukkan dalam wadah.
  3. Selanjutnya adalah maracik bumbu ikan. Kunyit, ketumbar, garam dan bawang putih di ulek hingga halus dan tambahkan sedikit air, kemudian siramkan kedalam wadah yang berisi ikan serta aduk-aduk hingga rata dan diamkan selama 15 hinga 30 menit agar bumbu meresap dalam daging ikan kembung.
  4. Sambil menunggu bumbu meresap, sahabat bisa menyipakan penggorengan dengan memanaskan minyak dalam wajan. 
  5. Setelah minya sudah panas, ikan bisa digoreng pada wajan dengan api sedang. Jangan lupa untuk membolak bali ikan agar matang merata. Ciri-ciri ikan matang akan berwarna coklat ke emasan. 

Bila sudah matang tiriskan ikan kembung goreng, selanjutnya siap untuk disantap menggunakan nasi dan sambal bersama keluarga. Hemmm mantap rasanya. Owh iya pada artikel ini saya sertakan video untuk sahabat agar lebih mudah dipahami resepnya. Semoga resep diatas bermanfaat ya, sampai jumpa dan salam senyum. 

Resep Dadar Jagung Simpel Dan Mudah

Hari ini mantap resep akan memasak dadar jagung yang simpel dan mudah dan cocok untuk Anda yang sedang belajar memasak. Resepnya simpel kok, berikut ini bahan dan alat yang harus disiapkan terlebih dahulu : 

Resep Dadar Jagung Simpel Dan Mudah

Alat Memasak Dadar Jagung
1. Wadah
2. Pisau
3. Telenan
4. Wajan
5. Serok
6. Sutil
7. Kompor gas
8. Piring
9. Sendok

Bahan Yang Diperlukan Dalam Memasak Dadar Jagung
a. Jagung manis 2 buah
b. Minyak goreng secukupnya
c. Tepung kentaki 1/8 kg
d. Tepung terigu 1/8 kg
e. Daun bawang 3 (Sesuai selera)
f. Daun jeruk 3 (/sesuai selera)
g. Air secukupnya

Cara Memasak Dadar Jagung Simpel dan Mudah

  1. Iris jagung manis hingga berukuran kecil-kecil dan tampung dalam wadah
  2. Selanjutnya masukkan tepung terigu 1/8 dan tepung kentaki 1/8 kg jadi kalau ditotal menjadi 1/4 kg.
  3. Iris daun bawang dan daun jeruk menjadi potongan kecil-kecil dan masukkan air secukupnya kemudian di aduk-aduk hingga membentuk adonan yang merata dan bagus 
  4. Panaskan minyak pada wajan dengan api sedang
  5. Ambil adonan satu sendok makan dan goreng pada wajan yang berisi minyak panas
  6. Bila adonan matang dengan ciri-ciri berwarna coklat ke emasan angkat dan tiriskan, maka adonan siap dimakan bersama keluarga.

Hasil dari masakan ini sudah kami coba loh, dan rasanya enak dan sedap. Bila Anda ingin mencoba silahkan diperaktekkan dirumah ya. Kami juga menyertakan video yang berisi potongan foto dari proses memasak dadar jagung. Semoga bermanfaat dan salam senyum.

Resep Ayam Goreng Enak Sederhana dan Simpel

Walaupun berbekal perangkat seadanya tidak mengurungkan niat saya untuk membagikan resep masakan Ayam Goreng Enak Sederhana dan Simpel. Mengapa saya namakan ayam goreng ini sederhana dan simpel sebab ayam goreng ini di masak dengan bumbu yang biasa kita gunakan di dapur, dan peralatan yang digunakan juga umum kita pakai untuk memasak masakan yang lain. 


Buat Anda yang belum pernah memasak mungkin aga bingung dan masih belum tau alat masak apa saja. Tapi tenang aja, pada artikel ini saya sertakan video yang mengulas step by step proses memasaknya. 

Walaupun videornya berupa potongan gambar, tapi cukup dapat dengan mudah dipahami isinya. Sekarang kita langsung membahas TKPnya yuk: 

Alat Yang Diperlukan : 
  1. Kompor Gas
  2. Wajan 
  3. Pisau 
  4. Cobek/ulekan 
  5. Penutup Panci 
  6. Sutil 
  7. Telenan


Bahan Yang Butuhkan :
  1. Minyak Goreng
  2. Tumbar
  3. Kunyit
  4. Garam 
  5. Bawang Putih 
  6. Ayam potong

Ayam boleh diganti dengan jenis ayam kampung atau jenis ayam yang lain yang Anda kehendaki, jadi bebas aja. Lah takarannya kok ga ada? Iya takarannya dikira-kira saja ya untuk bahannya, karena saya tidak memiliki timbangan hehe. Kira-kira takarannaya minyak goreng itu 1/8 liter, tumbar seujung sendok teh, kunyit 1/3 satu ruas jari telunjuk, garam satu sendok teh, bawang putih satu siung dan ayam potong 1/4 kg (ini yang saya peraktekkan). Nanti jadinya sekitar 4 potong daging ayam.

Cara Memasak Ayam Goreng Enak Sederhana dan Simpel :
1. Potong ayam goreng dengan ukuran sesuai selera Anda, boleh besar ataupun kicil. Kemudian daging dicuci dengan air bersih dan hilangkan sisa bulu ayam jika masih ada. Letakkan didalam wajan yang bersih.

2. Haluskan bumbu (garam, bawang putih, tumbar dan kunyit) menjadi satu hingga benar-benar halus menggunakan cobek, jika ada blender boleh menggunakan blender (jika memang perlu). 

3. Tuangkan bumbu halus kedalam wajan yang berisi daging ayam, aduk-aduk hingga bumbu merata keseluruh daging ayam. Tambahkan air hingga daging ayam hampir tengelam dan aduk-aduk lagi hingga rata. 

4. Masak daging ayam diatas kompor dengan api sedang dan tutup dengan pentup panci agar bumbu ayam dapat meresap dengan baik. Setelah 30 menit jika air dalam wajan tinggal sedikit, Anda boleh menambahkan lagi air agar bumbu tadi lebih meresap dan daging ayam dapat lebih lembut.

5. Setelah itu ayam siap untuk digoreng kedalam wajan berisi minyak panas. Goreng ayam tadi hingga warna berbah coklat ke emasan. Tiriskan dan ayam goreng simpel siap dihidangkan bersama nasi dan sayur. 

Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat video di bawah ini : 


Semoga artikel dan video diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua pembaca mantapresep.blogspot. sampai jumpa di resep masakan ayam yang lainnya ya, selamat mencoba resep ini dirumah. Jika ada kritikan atau saran, silahkan melalui kolom komentar. Sampai jumpa dan salam senyum. 

Cara Membuat Es Potong Alpukat Segar Nikmat Banget

Masih inget sama es potong?? bagi sebagian orang es potong merupakan kenangan masa kecil yang sangat sulit di lupakan, seiring berkembangnya zaman, saat ini es potong hanya tinggal kenangan, karena sudah jarang sekali orang yang menjual es potong di sekitar kita. karena sudah banyak es yang semakin beraneka ragam jenis dan bentuknya, seperti es krim malaysia, es buah, dan banyak lagi.

Es potong begitu populer saat kami masih kecil, karena saat itu memang jarang sekali di jumpai minuman dingin, tapi es potong sudah ada dan yang menjual abang abang keliling yang sering mangkal di sekolah sekolah. 

Ingin mengenang masa lalu dengan es potong tapi bingung cara membuatnya?? jangan khawatir kali ini kami akan membagikan resepnya untuk anda. anda dapat bernostalgia dengan es potong sesuka hati anda. Caranya ternyata sangat mudah lo dan ga pake ribet, sehingga anda dapat membuatnya sendiri kapanpun anda mau.

Cara Membuat Es Potong Alpukat Segar Nikmat Banget


Langsung aja yuk kita ulas bersama sama cara membuat es potong  yang seger banget.

BAHAN BAHAN :

  • 1200 ml santan dari sebutir kelapa
  • 2 buah alpukat ukuran sedang di kerok aja pake sendok
  • 250 grm gula pasir
  • 1 sdt vanilli
  • 40grm tepung maizena
  • seuprit garam
CARA MEMBUAT ES POTONG :
  1. Campur 1ltr santan dengan gula pasir, vanilli, garam lalu didihkan di api kecil sampai mendidih.
  2. Larutkan tepung maezena dengan sisa santan, aduk aduk sampai tercampur rata. lalu masukkan kedalam larutan santan yang sedang di masak. aduk aduk sampai semua adonan tercampur. lalu matikan api.
  3. Setelah adonan dingin baru tambahkan alpukat kedalam adonan. dan kemas dalam plastik es yang panjang. (alpukat dapat di ganti dengan bahan sesuai dengan selera anda dan keluarga tercinta, seperti kacang hijau, ketan hitam, coklat dll).
  4. Setelah adonan habis, masukkan ke dalam freezer selama kurang lebih 6-7 jam.
  5. Setelah es potong beku, siap untuk di santap.
Demikian sedikit artikel tentang cara membuat es potong rasa alpukat yang seger nikmat banget, sangat pas bagi anda yang ingin mengulang kembali masa masa waktu kecil dengan jajanan yang populer pada jamannya. Tapi tidak ada salahnya loh membuat es potong meskipun saat ini sudah banyak bertaburan berbagai macam produk es krim. 

Terima kasih telah mampir di mantapresep.blogspot.com. silahkan baca juga artikel tentang cara membuat seblak telur yang enak banget. dan resep tentang cara mudah membuat brownies kukus enak banget. Semoga sedikit artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Semoga hari anda menyenangkan dan SELAMAT MENCOBA.

Resep Dan Cara Mudah Membuat Es Krim Choki Choki Kekinian

Hai sahabat mantap resep, mumpung lagi longgar kali ini kami akan membagikan sebuah resep yang lagi populer nih.yaitu cara membuat es krim malaysia yang kekinian. Eskrim malaysia ini merupakan salah satu jajanan kekinian yang saat ini banyak di minati dari berbagai kalangan. Jajanan yang berasal dari negri jiran tersebut saat ini lagi ngetren banget di indonesia loh. Rasanya yang enak serta bahannya yang mudah di dapat juga sangat menyehatkan, karena berbahan dasar susu yang di beri potongan biskuit oreo atau potongan coklat choki choki.

Es krim malaysia ini sangat cocok untuk anda yang memiliki buah hati yang doyan sekali es krim. karena selain menyehatkan juga rasanya tidak membuat eneg atau membosankan, sehingga dapat di jadikan alternatif baik untuk cemilan bersama keluarga juga dapat anda jual sebagai salah satu pendapatan yang hasilnya lumayan untuk menambah uang jajan kan??. 

Beberapa hari yang lalu saya juga membuat eskrim kekinian ini, caranya sangat mudah dan rasanya enak banget dan seger. tidak hanya anak anak yang doyan lo. seluruh anggota keluarga juga ketagihan dengan rasa eskrim malaysia ini. Pengen tahu bangaimana cara membuat eskrim malaysia ini?? Yuk simak terus artikel ini sampai selesai ya...

Resep Dan Cara Mudah Membuat Es Krim Choki Choki Kekinian


BAHAN BAHAN :

  • 1 kaleng SKM
  • 1 liter susu cair
  • 1 bungkus biskuit oreo
  • 1 bungkus coklat choki choki
  • 3 sdm tepung maezena
  • 4 sdm gula pasir
  •  seuprit garam
  • 4 kaleng air bersih


CARA MEMBUAT ES KRIM CHOKI CHOKI :

  1. Pertama campur SKM, susu cair, air, garam, gula dan tepung maizena. lalu masak sampai mendidih. matikan api dan biarkan sampai susunya hangat hangat kuku.
  2. Potong choki choki menjadi beberapa bagian, atau remukkan biskuit oreo sampai remuk. lalu masukkan potongan choki choki atau oreo kedalam plastik es lilin atau plastik sesuai selera anda.
  3. Lalu masukkan susu yang sudah hangat hangat kuku ke dalam plastik yang sudah di isi potongan choki choki atau oreo, dan ikat.
  4. Lakukan seperti di atas sampai semua bahannya habis. dan masukkan kedalam freezer sampai es krim menjadi beku.
  5. Setelah es krim beku. Siap untuk di sajikan atau untuk di jual kembali.
Mudah bukan membuat eskrim yang enak dan mudah yang tentunya juga di sukai oleh buah hati kita. Dengan membuat sendiri jajanan kesukaan anak kita dapat menjaga kualitas dan kebersihan dari apa yanng di konsumsi oleh si buah hati kan?? Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Terima kasih telah mampir di mantapresep.blogspot.com. Silahkan baca juga artikel tentang cara membuat seblak khas bandung yang enak banget. juga artikel tentang resep dan cara membuat batagor yang enak lezat. SELAMAT MENCOBA

Resep Mudah Membuat Seblak Telur Pedas Khas Bandung Enak Banget

Bandung memang sangat terkenal dengan berbagai tempat wisata alam dan kulinernya yang sangat lezat, seperti batagor khas bandung, seblak, dan masih banyak lagi aneka kuliner khas bandung yang wajib anda coba bila sedang berada di kota kembang ini. Kali ini kami akan membagikan salah satu kuliner khas bandung yang sedang banyak di gemari yaitu Seblak.

Seblak merupakan salah satu makanan khas bandung yang berbahan dasar kerupuk yang di beri bumbu sehingga menjadi sebuah kudapan yang sangat lezat. Perpaduan bahan dengan bumbu yang pas membuat seblak banyak di minati baik dari masyarakat kota bandung sendiri maupun masyarakat dari berbagai daerah.

Lalu bagaimana dengan kita yang jauh dari kota asalnya seblak, sedangkan tidak ada pedagang keliling yang menjual seblak di sekitar rumah?? Jangan khawatir, kami akan membagikan resep mudah membuat seblak yang enak banget khusus untuk anda.

ResepMudah Membuat Seblak Telur Pedas Khas Bandung Enak Banget


Langsung aja yuk kita ulas cara membuat seblak khas bandung yang enak banget, sediakan bahan bahannya terlebih dahulu ya.

BAHAN BAHAN :

  • 100 grm kerupuk mentah
  • 3 buah bakso sapi di potong tipis tipis
  • 1 buah sosis di potong serong
  • 1 butir telur di kocok lepas
  • 1 batang daun pre di iris tipis
  • 1 batang seledri di iris tipis
  • 1 sdt kecap manis
  • penyedap rasa bila suka
  • 500 ml air panas
  • 2 sdm minyak
  • seuprit garam
BUMBU YANG DI HALUSKAN :
  • 3 siung bawang merah
  • 1 siung bawangn putih
  • 5 buah cabe rawit atau sesuai selera
CARA MEMBUAT :
  1. Masukkan kerupuk di air yang sudah mendidih, biarkan sebentar sampai kerupuk lumer, lalu angkat dan tiriskan, lalu beri sedikit minyak goreng di aduk aduk agar kerupuk tidak lengket satu sama lain.
  2. Panaskan minyak lalu tumis bumbu yang sudah di haluskan sampai aromanya keluar dan harum.
  3. lalu masukkan telur ayam  yang sudah di kocok lepas, cepat aduk aduk agar telur tidak menggumpal.
  4. Masukkan irisan bakso dan potongan sosis, daun bawang dan seledri yang juga sudah di iris tipis. aduk aduk.
  5. Lalu masukkan kerupuk yang sudah di lumerkan tadi, lalu aduk aduk sampai semua tercampur rata.
  6. beri sedikit air, garam, dan penyedap rasa dan aduk lagi sampai merata.
  7. Tunggu beberapa saat sampai airnya menyusut dan beri kecap manis, aduk aduk sampai airnya agak kering. lalu angkat
  8. Letakkan dalam mangkok atau piring saji dan beri taburan bawang goreng di atasnya.
  9.  Seblak telur pedas khas bandung siap untuk di santap.
Gimana mudah bukan membuat sendiri seblak telur khas bandung, dan gak perlu jauh jauh pergi ke kota asalnya kan kalo hanya ingin mencicipi seblak telur, kida dapat membuatnya sendiri di rumah, semua bahannya juga sangat mudah di dapat. 

Terima kasih telah mampir di mantapresep.blogspot.com. Silahkan baca juga artikel tentang cara membuat bakso ikan yang enak banget ara dan cara membuat batagor khas bandung yang enak dan gurih. Semoga artikel ini dapat membantu anda menemukan masakan dan makanan kesukaan anda dan keluarga tercinta. SELAMAT MENCOBA.

Cara Mudah Membuat Brownies Kukus Serba Tiga Sendok

Brownies merupakan sejenis cake yang cenderung berwarna coklat, karena memang bahan dasar yang di pake adalah tepung coklat dan coklat batangan, sehingga warnanya menjadi coklat. tapi ada juga brownies yang tidak berwarna coklat tapi tidak semenarik brownies coklat. 

Kalau ngomongin brownies memang tidak ada habisnya, meskipun banyak sekali variasi resep dan cara membuat brownies, semuanya selalu menjadi topik yang menarik dan selalu menjadi makanan yang sangat di sukai, termasuk salah satunya brownies serba tiga sendok ini yang sangat simpel tapi sangat menggugah rasa.

Cara Mudah Membuat Brownies Kukus Serba Tiga Sendok


Langsung aja yuk kita ulas cara membuat brownies kukus serba tiga sendok makannya. setelah itu anda dapat langsung mencoba membuatnya di rumah.

BAHAN BAHAN :
  • 50 grm coklat batangan/dcc
  • 3 sdm tepung coklat
  • 3 sdm tepung terigu
  • 3 sdm gula pasir
  • 3 sdm margarin/ minyak goreng
  • 1/4 soda kue
  • 1 butir telur
  • 3 sdm air hangat
CARA MEMBUAT BROWNIES KUKUS :
  1. Kocok telur dan gula pasir dengan garpu sampai mengembang dan berbusa.
  2. Campur tepung coklat, tepung terigu, soda kue, lalu masukkan kedalam kocokan telur dan gula sambil di ayak. aduk aduk sampai rata.
  3. Tim dcc dengan mentega sampai cair dan tidak menggumpal. lalu masukkan kedalam adonan tepung sambil di aduk pelan dengan spatula agar telur yang sudah mengembang tidak kempes.
  4. Masukkan adonan kedalam cetakan, lalu kukus selama 20 menit atau sampai brownies matang. Lalu angkat. 
  5. Brownies siap untuk di nikmati.
Demikian sedikit ulasan tentang cara mudah membuat brownies kukus serba tiga sendok. Anda dapat membuatnya untuk takaran yang kecil agar tidak sulit untuk membuatnya. semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua. bila mungkin ada yang di tanyakan dapat di masukkan di kolom komentar. Terima kasih telah mampir di mantapresep.blogspot.com. Silahkan baca juga resep dan cara membuat dadar gulung selai nanas yang manis legit dan  resep cara membuat lapis ubi ungu yang enak banget. SELAMAT MENCOBA